Analisis Kualitas Website dan Intensi Perilaku Konsumen

  • Fitri Febriyanti Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Ivon Sandya Sari Putri Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: e-commerce, kualitas website, intensi perilaku

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong digitalisasi di berbagai sektor salah satunya perdagangan. Perdagangan elektronik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat dan diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Tingginya peluang untuk berkembang dalam bidang perdagangan elektronik atau e-commerce mendorong banyak pelaku usaha di bidang fashion untuk mulai menggunakan e-commerce business to consumer untuk melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan produk. Meskipun banyak pelaku usaha yang berkecimpung dalam bidang e-commerce, tingkat konversi website business to consumer masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan fitur – fitur pada website e-commerce business to consumer produk fashion yang dapat mempengaruhi intensi konsumen untuk melakukan suatu perilaku tertentu khususnya perilaku pembelian ulang, kunjungan ulang, rekomendasi, dan komentar positif. Terdapat enam dimensi kualitas website yang diuji dalam penelitian yaitu meliputi daya tarik visual website, daya tarik visual produk, kualitas informasi, waktu respon, keamanan, dan kepercayaan. Kuesioner didistribusikan kepada 181 orang responden yang pernah melakukan pembelian produk fashion melalui website e-commerce business to consumer. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik visual website, kualitas informasi, keamanan, dan kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi perilaku konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30