ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MUSEUM TUMURUN DI KOTA SURAKARTA MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL

  • Rizky Wahyudi Program Studi Statistika,Universitas Sebelas Maret,Surakarta 57126
  • Sri Subanti Program Studi Statistika,Universitas Sebelas Maret,Surakarta 57126
  • Sri Sulistijowati Handajani Program Studi Statistika,Universitas Sebelas Maret,Surakarta 57126
Keywords: Pariwisata, tingkat kepuasan, regresi logistik ordinal, rasio odds

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, karena bersifat multiplier effect yang berdampak pada peningkatan kelestarian alam dan budaya, peningkatan lapangan pekerjaan, serta peningkatan pendapatan masyarakat dan pemerintah. Museum Tumurun merupakan salah satu museum di kota Surakarta yang menjadi salah satu kota yang berhasil di sektor pariwisata. Hal ini terlihat dari kontribusi kunjungan wisatawan domestiknya sebesar 4.395.550 jiwa. Keberhasilan atas pembenahan dan pengelolaan obyek wisata dapat dilihat pencapaian dari kepuasan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung Museum Tumurun berdasarkan faktor-faktor kualitas pelayanannya seperti daya dukung lingkungan sosial, fungsional fasilitas, infrastruktur objek wisata, dan kepuasan aktivitas wisata. Faktor-faktor penentu kepuasan pengunjung dapat dianalisis dengan analisis regresi logistik ordinal. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Museum Tumurun adalah fungsional fasilitas dan kepuasan aktivitas wisata. Model ini menjelaskan pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan sebesar 70.7%. Rasio odds tertinggi menunjukkan peningkatan faktor kepuasan aktivitas wisata memiliki pengaruh untuk meningkatkan kepuasan pengunjung yang cenderung puas sebesar 1,881 kali dibanding yang cenderung kurang puas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30