Konsep Inovasi Sosial Pada Organisasi Profit
Abstract
Keberlanjutan perusahaan dalam organisasi profit menuntut praktik manajemen yang efektif untuk memberikan manfaat ekonomi sekaligus manfaat sosial. Untuk meminimalisir tekanan lingkungan bisnis global, beberapa program yang dirancang khusus untuk kesejahteraan masyarakat telah dilakukan secara intensif oleh perusahaan. Namun, menciptakan nilai untuk perbaikan sosial masih belum menghasilkan efisiensi dan efektifitas baik bagi masyarakat dan perusahaan itu sendiri. Melalui proses tinjauan pustaka (literature review), studi ini mengkonseptualisasikan inovasi sosial sebagai inovasi proaktif yang dihasilkan dari peningkatan dalam masyarakat serta praktik manajemen yang baik dimaksudkan untuk membawa nilai sosial bagi masyarakat. Proses inovasi sosial dalam organisasi profit tampaknya penting sehubungan dengan tekanan tinggi bagi perusahaan untuk memberikan manfaat ekonomi dan juga manfaat sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses manajemen yang baik menuju inovasi sosial dalam organisasi profit.