Bersaing Dalam Industri Kreatif Sektor Usaha Minuman Thai Tea Di Kota Bandung

  • Ugi Triyana Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Indonesia
  • Maya Setiawardani Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Indonesia
Keywords: Strategi inovasi, keunggulan bersaing, Thai tea

Abstract

Industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi dengan pemanfaat kreativitas keterampilan individu yang dikolaborasikan dengan penggunaan teknologi informasi untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengandalkan penciptaan nilai tambah dari inovasi dan entrepreneurship. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki kontribusi besar untuk industri kreatif di Indonesia. Perkembangan industri kreatif ini tidak terlepas dari peranan UMKM yang ada di Kota Bandung. Jumlah UMKM terbesar di Kota Bandung terdapat pada usaha sektor makanan dan minuman, salah satunya adalah minuman yang sedang menjadi trendsetter yaitu minuman Thai Tea. Satu permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah ketatnya persaingan, dimana muncul pesaing baru, maupun pesaing lama yang telah berhasil menguasai pasar kota Bandung sehingga tiap-tiap pemilik usaha Thai Tea harus melakukan strategi inovasi agar dapat bersaing di lingkungan yang semakin kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sampel dalam peneitian ini sebanyak 120 responden yang terdiri dari pemilik dan karyawan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa strategi inovasi para pelaku usaha Thai Tea di Kota Bandung berada pada kategori cukup dan keunggulan bersaing berada pada kategori tinggi. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y =  21,052 + 0,576x. Dengan R square 0,257, menunjukkan bahwa strategi inovasi memberikan pengaruh sebesar 25,7% terhadap keunggulan bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30