Pengaruh Kontribusi Pajak Reklame dan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung

  • Mia Sukmawati Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung,
  • Jouzar Farouq Ishak Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
Keywords: Pajak Reklame, Pajak Restoran, PAD

Abstract

Otonomi daerah memberikan kewenangan yang lebih luas bagi pemerintah daerah untuk mengatur dan mengelola urusan pemerintahan daerah serta menggali dan mengelola sumber Pendapatan Asli Daerah secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kontribusi pajak reklame dan pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah di Kota Bandung pada tahun 2014-2018, baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, data dokumenter, dan data subjek. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 bulan dari Januari 2014-Desember 2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pajak reklame dan pajak restoran memiliki pengaruh signifikan secara simultan maupun parsial terhadap pendapatan asli daerah di Kota Bandung. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,352 atau 35,2% yang berarti bahwa pendapatan asli daerah dipengaruhi sebesar 35,2% oleh variabel pajak reklame dan pajak restoran, sedangkan 64,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30