Dekomposisi Variabel Minat Kunjungan Pada Ritel Modern (Mall) Dengan Variabel Prediktor Gaya Hidup Dan Faktor Demografis (Studi pada Ritel Modern di Kota Cirebon)

  • Arie Indra Gunawan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Nugroho Hardiyanto Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Gaya Hidup, Faktor Demografis, Minat Kunjungan, Ritel Modern.

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi model minat berkunjung konsumen pada ritel modern di Kota Cirebon berkaitan dengan variabel gaya hidup dan factor demografis konsumen. Kuesioner dibagikan kepada pengunjung mall dari berbagai latar belakang demografis yang berbeda diperoleh data sebanyak 108 responden.  ANOVA dan SEM-AMOS digunakan untuk menguji hipotesa. Hasil analisis menunjukkan bahwa model fit dengan data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya hidup dan faktor demografis terhadap minat kunjungan pada ritel modern. Gaya hidup memberikan dominasi sebesar 31,4%. Sementara factor demografis memberikan dampak sebesar 71% terhadap minat kunjungan. Hasil riset ini juga memperlihatkan bahwa faktor demografis mempengaruhi gaya hidup sebesar . Selain itu ditemukan pengaruh yang positif dan signifikan gaya hidup terhadap minat kunjungan pada ritel modern di Kota Cirebon. Hasil riset ini memberikan saran kepada manajemen ritel modern di Kota Cirebon pentingnya memahami profil demografi dan gaya hidup konsumen sebagai dasar untuk meningkatkan minat berkunjung konsumen ke mall yang mereka kelola.     

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30