PENGARUH GREEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN THE BODY SHOP KOTA BANDUNG)

  • Nanda Fitria Siti Fatimah Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Maya Setiawardani Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Green marketing mix, keputusan pembelian.

Abstract

Green marketing mix atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran hijau adalah sebuah konsep dimana upaya kegiatan yang berkaitan dengan produk, harga, tempat dan promosi dengan mempertimbangkan kelestarian lingungan atau kesehatan lingkungan. Perkembangan industri kosmetik yang semakin meningkat, menyebabkan perusahaan diharuskan memiliki nilai tambah atas produk yang ditawarkannya. The Body Shop merupakan salah satu perusahaan perawatan kulit dengan menawarkan green marketing mix dalam perusahaannya. Akan tetapi, dengan terus menurunnya reputasi The Body Shop beserta pangsa pasarnya, dikhawatirkan apabila hal tersebut terus dibiarkan akan membuat konsumen beralih ke pesaing lain. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bauran pemasaran hijau di The Body Shop kota Bandung (2) keputusan pembelian konsumen di The Body Shop kota Bandung (3) pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial. Penelitian ini terdari empat sub variabel yaitu green product, green price, green place dan green promotion. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix dan keputusan pembelian yang ada pada The Body Shop kota Bandung termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara green marketing mix tehadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30