PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Terhadap Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

  • M. RIDWAN D.P.S.W Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung
  • IRA NOVIANTY Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: CSR, ROA, ROE, NPM

Abstract

Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu hal penting dalam proses operasi suatu perusahaan karena dapat meningkatkan nilai perusahaan. Sehingga menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya kedalam suatu perusahaan. Melalui penerapan CSR ini dapat meningkatkan nilai perusahaan. Salah satu pengukuran yang dapat digunakan adalah profitabilitas. Profitabilitas perusahaan dapat di ukur menggunakan Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan food and beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengunduh laporan keuangan perusahaan melalui situs www.idx.co.id. Populasi penelitian ini berjumlah 26 perusahaan, diperoleh 8 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Return On Assets sebesar 14,2%, Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Return On Equity dan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Net Profit Margin sebesar 12,7%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30