Motivasi Konsumen Dalam Menonton Film Di Bioskop (Bandung Raya)

  • Devita Aulia Alwindini Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
  • Raissa Aura Fakhrunissa Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
  • Figur Muhamad Luthfi Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
Keywords: Bioskop, film, VoD, motivasi, motif pembelian

Abstract

Saat ini, marak sekali munculnya Video on Demand (VoD) atau media online yang menyediakan nonton film, baik yang berbayar maupun tidak berbayar. Namun dibalik itu, eksistensi bisnis dibidang industri perfilm-an atau sering disebut sebagai bioskop, tidak lagi harus dipertanyakan. Meskipun munculnya kompetitor yang lebih praktis dalam penggunaannya (VoD), tetapi terdapat banyak hal yang tidak diperoleh apabila tidak mengunjungi bioskop sebagai media untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam hal hiburan. Hal ini, dapat diketahui dengan cara menganalisis hal apa saja yang mendorong motivasi konsumen dalam mengunjungi bioskop. Riset kualitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelebihan media menonton film di bioskop dibandingkan media lain seperti Video on Demand (VoD), serta mengetahui dan memahami motivasi konsumen dalam menonton film di bioskop. Adapun yang menjadi partisipan dalam riset kualitatif ini yaitu individu yang menonton film di bioskop lebih dari 2 (dua) kali dalam satu bulan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui jika promosi yang ditawarkan oleh bioskop melalui aplikasi online berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi konsumen. Peran promosi dinilai penting karena dapat menarik minat konsumen untuk mengunjungi bioskop. Sedangkan faktor lain seperti film yang ditayangkan, genre film yang disukai, fasilitas, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30