Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Online Seller di Bandung Memilih Instagram Sebagai Media Promosi

  • Mesi Nruca Ismoyo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Muhammad Ragil Fahriawan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Nisa Zakia Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Media promosi, Online seller, Tri-component of attitude

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor pembentuk sikap yang mempengaruhi online seller memilih Instagram sebagai media promosi dan untuk mengetahui alasan mengapa online seller di Bandung menggunakan Instagram sebagai media promosi. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif, sedangkan perolehan datanya menggunakan teknik pengumpulan data deep interview. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pada penelitian ini data primer didapatkan dari partisipan, yakni online seller di Instagram dengan cakupan wilayah Bandung, dengan menggunakan teknik deep interview. Sedangkan data sekundernya terdiri dari teori terkait yang bersumber dari buku, jurnal ataupun artikel yang berkaitan dengan topik bahasan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa online seller dipengaruhi oleh beberapa faktor pembentuk sikap (Tri-Component) dalam memilih Instagram sebagai media promosi yaitu faktor cognitive secara langsung, dan faktor affective dan conative secara tidak langsung. Sementara itu, alasan online seller memilih Instagram juga sangat dipengaruhi oleh fungsi-fungsi media promosi yang utama, seperti fungsi konvergensi, interaktivitas, kreativitas, dan keterlibatan atau engagement

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30