Model Keputusan Pembelian Produk dengan Menggunakan Celebrity Endorser pada Platform YouTube

  • Ajeng Septia Mutiara Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung,Bandung
  • Iwan Mulyawan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung,Bandung
Keywords: Celebrity Endorser Youtube, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser Youtube terhadap Minat Beli Konsumen (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser Youtube terhadap Keputusan Pembelian Produk (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Minat Beli Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Celebrity Endorse Youtuber, Minat Beli Konsumen, dan Keputusan Pembelian Produk. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah penonton video Youtube dengan usia yang termasuk pada generasi Y dan berdomisili di Bandung Raya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 625 responden yang dikumpulkan dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara tidak langsung (online). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil dari data analisis menunjukkan bahwa Celebrity Endorser Youtube berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Celebrity Endorser Youtube tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk, Minat Beli Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30