Peran Event Sponsorship Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek dan Minat Beli: Studi pada Brand 361˚ di Acara Asian Games 2018

  • Rosita Rosita Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Adila Sosianika Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Event sponsorship, kesadaran merek, minat beli, Asian Games 2018, Sport apparel

Abstract

Penurunan jumlah ritel tidak selalu berdampak terhadap pendapatan, sebagaimana dibuktikan oleh perusahaan pakaian olahraga 361˚  dari Cina yang didirikan pada Januari 2004, yang telah meningkatkan pendapatan pada 2017 dibandingkan dengan 2016. Event sponsorship adalah hal-hal yang sering dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi, seperti yang dilakukan oleh 361˚. Bahkan merek tersebut berani mensponsori acara di Negara yanga belum menjadi wilayah pasar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh event sponsorship pada kesadaran merek dan minat beli pada merek 361˚ menggunakan tiga variabel independen. Salah satu acara yang baru-baru ini disponsori adalah perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia. Data yang diperoleh adalah 400 responden dengan menyebarkan kuesioner langsung di wilayah Bandung. Data yang diperoleh diolah menggunakan Smart-PLS dan dianalisis menggunakan SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kesadaran merek dan minat beli, kecocokan dalam acara terhadap kesadaran merek dan minat beli, kesadaran merek terhadap sikap event sponsorship, sikap event sponsorship terhadap niat pembelian. Berbeda dengan  event involvement  di mana secara positif tidak mempengaruhi kesadaran merek dan niat beli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30