Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Sport Hijab

  • Ira Tutia Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Moh Farid Najib Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Niat beli, citra merek, kesadaran merek, sport hijab

Abstract

Fashion hijab terus berkembang di berbagai negara muslim termasuk di Indonesia. Variasi hijab pun semakin berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat, salah satunya untuk berolahraga. Merek produk sport hijab tersedia dalam berbagai merek, mulai dari merek lokal hingga internasional. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian produk sport hijab pada wanita muslim berhijab. Secara khusus, variabel citra merek dan kesadaran merek menjadi variabel yang digunakan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel niat beli yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan melalui pendistribusian kuesioner secara online kepada 264 responden wanita muslim berhijab dan melakukan kegiatan olahraga ringan maupun berat di wilayah Jawa Barat, Indonesia. Pengujian dengan metode pengukuran PLS-SEM digunakan sebagai teknik yang paling cocok untuk penelitian dengan tujuan prediksi atau eksplorasi pemodelan, disertai dengan pengujian outer dan inner model untuk mengukur model yang digunakan dalam penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel yang digunakan, baik citra merek maupun kesadaran merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli produk merek sport hijab bagi wanita muslim berhijab. Selain itu, variabel citra merek menjadi faktor yang lebih penting dibanding kesadaran merek. Disisi lain, citra merek juga dapat mempengaruhi kesadaran merek dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30