Pengaruh Nilai yang Dirasakan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Sepatu Olahraga Merek Lokal dan Internasional

  • Hilman Munawwar Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung,Bandung
  • Deddy Saefuloh Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung,Bandung
Keywords: Loyalitas, Kepuasan, Nilai, Sepatu Olahraga

Abstract

Perkembangan industri sepatu olahraga di Indonesia memberikan peluang dan ancaman secara bersamaan. Ancaman datang dari produk sepatu olahraga merek internasional yang semakin mendominasi pasar nasional, dan membuat produk sepatu olahraga merek lokal sulit untuk dikembangkan oleh para produsen lokal. Salah satu penyebabnya adalah pelanggan sepatu olahraga di Indonesia jauh lebih loyal terhadap sepatu olahraga internasional dibandingkan terhadap sepatu olahraga lokal. Studi ini membantu meningkatkan pemahaman tentang hubungan antara dimensi nilai yang dirasakan (nilai kualitas, nilai emosional, nilai harga, nilai sosial), kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh keempat dimensi nilai yang dirasakan tersebut terhadap kepuasan pelanggan dan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator dalam konteks sepatu olahraga merek lokal dan internasional di Indonesia. Penelitian ini diuji menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS) dengan sampel 300 pelanggan sepatu olahraga merek lokal dan internasional di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kualitas, nilai emosional, nilai harga, dan nilai sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, ditemukan juga bahwa kepuasan pelanggan berkorelasi positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan dalam penelitian ini digunakan untuk memberikan saran kepada perusahaan sepatu olahraga merek lokal berkaitan dengan upaya untuk membangun dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30