Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Studi Kasus : Merek Nokia

  • Tondi Sudayo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Deddy Saefuloh Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Ekuitas Merek, Kesadaran Konsumen, Citra Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Minat Beli

Abstract

Pengguna smartphone di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tentuanya hal tersebut menjadi potensi besar bagi perusahaan smartphone. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan pangsa pasar Nokia yang mengalami penurunan drastis dalam beberapa tahun terakhir. Penurunan penjualan Nokia mengindikasikan menurunnya minat beli konsumen terhadap produk Nokia. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat beli adalah pertimbangan merek. Sehingga minat pembelian terhadap suatu produk bersifat subyektif dan sangat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terlihat disebut ekuitas merek. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara dimensi ekuitas merek yang terdiri dari: kesadaran konsumen, citra merek, persepsi kualiatas dan loyalitas merek terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 370 responden pengguna Nokia Android. Setelah itu, analisis data dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling(PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh positif dari citra merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap terhadap minat beli. Sedangkan kesadaran merek tidak memiliki pegaruh terhadap minat beli. Hasil penelitian ini menjelaskan pengaruh dari variabel terkait beserta manajerial implikasinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30