Promosi Penjualan dan Minat Beli: Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model di E-Marketplace Shopee Indonesia

  • Imas Nurzanah Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Adila Sosianika Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: Promosi Penjualan, Minat Pembelian, Technology Acceptance Model, E-Marketplace, Shopee

Abstract

Sebagai salah satu e-marketplace yang sedang meningkat secara pesat, Shopee rutin mengadakan promosi penjualan yang diadakan setiap tahunnya. Promo tahunan yang diadakan oleh e-marketplace Shopee tersebut berhasil meningkatkan minat pembelian konsumen. Peningkatan minat tersebut dapat terlihat dari peningkatan jumlah kunjungan website bulanan Shopee. Akan tetapi, pada saat Shopee tidak menyelenggarakan promo tahunan, terdapat penurunan jumlah kunjungan dari e-marketplace Shopee tersebut. Maka dari itu, modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) digunakan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap minat pembelian. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membuat konsumen memiliki minat pembelian ketika mereka mengunjungi e-marketplace Shopee. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 400 responden yang pernah melakukan pembelian di e-marketplace Shopee Indonesia. Hasilnya menunjukkan promosi penjualan secara signifikan mempengaruhi minat pembelian, tetapi salah satu komponen dari TAM yaitu perceived ease of use tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30