Pengaruh Kualitas yang Dirasakan, Nilai yang Dirasakan, dan Kepuasan terhadap Kepercayaan Pelanggan Produk Plastik Ramah Lingkungan

  • Mohamad Reza Pahlevi Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan, kepuasan, kepercayaan, produk plastik ramah lingkungan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan, dan kepuasan pada kepercayaan pelanggan terhadap produk plastik ramah lingkungan. Data dikumpulkan melalui pendistribusian kuesioner kepada 400 konsumen yang telah memiliki pengalaman pembelian produk plastik ramah lingkungan di Bandung, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis yang diteliti. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan, dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Selain itu, studi ini memberikan penjelasan bahwa dengan meningkatkan kualitas yang dirasakan berdampak pada tingginya nilai yang dirasakan, kepuasan, dan kepercayaan pada pelanggan. Hubungan yang diidentifikasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan inovatif dan kompetitif para pemain industri produk plastik ramah lingkungan di Indonesia kemudian mendorong mereka untuk tetap aktif dalam mengatasi tantangan yang muncul dari masalah lingkungan. Artikel ini memberikan pemahaman yang lebih lanjut dalam memenuhi kesenjangan teori yang mana penelitian tentang kepercayaan dalam konteks produk plastik ramah lingkungan masih terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30