Pengaruh Electronic Word-of-Mouth Food Blogger terhadap Sikap dan Niat Berwisata Kuliner

  • Raden Moch Rafly Hilmiawan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 40012
  • Lusianus Kusdibyo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 40012
Keywords: Food bloggers, eWOM, sikap, niat perilaku

Abstract

Konten blog telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu konten yang banyak dilihat adalah konten makanan atau kuliner. Banyak literatur mengatakan bahwa blogger memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan. Walaupun begitu jumlah penonton konten kuliner masih berfluktuasi, sehingga pengaruhnya terhadap wisata kuliner masih dipertanyakan. EWOM atau Word-of-Mouth secara elektronik yang dilakukan oleh blogger diteliti untuk mengetahui sikap (Attitude) dan niat perilaku (Behavioral Intention) dari para penonton konten. Kuesioner dengan menggunakan skala Likert dari satu sampai lima didistribusikan kepada 201 orang yang telah menonton konten food blogger. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk menganalisa hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Penelitian ini dapat membuat pemahaman baru mengenai blogger. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah pemanfaatan penyebaran informasi yang dilakukan oleh food blogger sebagai media promosi baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30