Pengaruh Strategi Bisnis dan Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Properti di Bursa Efek Indonesia)

  • Katharina Priyatiningsih Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung,Bandung 40012
Keywords: Strategi Bisnis, Kinerja Keuangan, Rasio Profitabilitas, Perusahaan Properti

Abstract

Kondisi pasar properti, terutama pada produk apartemen menunjukkan zona merah dibanding produk properti yang lain. Perusahaan properti juga menghadapi tantangan pasar serta persaingan bisnis, dan untuk memenangkan persaingan perusahaan harus dapat merumuskan dan menerapkan strategi bisnis yang ditunjukkan melalui peningkatan kinerja keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi bisnis properti yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan berdasar pada rasio profitabilitas. Penelitian ini melibatkan perusahaan properti yang memiliki produk apartemen, terdaftar sebagai perusahaan go-public dan melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada tahun yang sama di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian deskriptif ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian mengidentifikasikan strategi bisnis pada setiap perusahaan dalam kurun waktu yang sama dapat mempengaruhi kecenderungan kinerja keuangan dengan rasio profitabilitas yang berbeda. Strategi bisnis tersebut adalah upaya menarik investor melalui informasi bisnis yang disampaikan, upaya mempertahankan investor dengan memberikan bukti konkrit kinerja perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan atau kekayaan investor dengan nilai apartemen. Sedangkan untuk kinerja keuangan ditunjukkan dengan rasio profitabilitas yang diukur berdasar tingkat pengembalian aset/ROA, tingkat pengembalian ekuitas/ROE, dan tingkat marjin laba/NPM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30