Motivasi Belanja Fesyen Online: Perspektif Generasi Y Wanita

  • Sabila Hanifan Ula Azizah Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung,Bandung
  • Agustinus C Februadi Jurusan Administrasi Niaga,Politeknik Negeri Bandung,Bandung
Keywords: motivasi belanja online, Generasi y, konsumen wanita, fesyen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami pola perilaku belanja fesyen online wanita Generasi Y Indonesia. Secara khusus, meneliti peran internet dan fesyen dalam mendorong konsumsi online. Industri fesyen online terus meningkat secara signifikan, dan konsumsi belanja online wanita Generasi Y Indonesia cukup tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini penting bagi sektor bisnis di bidang fesyen atau platform online untuk memahami konsumen potensialnya, dengan memiliki pemahaman lebih mengenai motivasi dan peran internet saat berbelanja online di era kompetitif ini. Pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan delapan peserta digunakan untuk mengumpulkan data. Pengolahan data menggunakan analisis tematik induktif. Tiga tema muncul dari data: Motivasi untuk tampil fesyenable, sumber informasi trend fesyen, fasilitas transaksi online. Temuan menunjukan bahwa motivasi utilitarian mendorong konsumsi online dan fesyen dijadikan sebagai identitas diri. Kemudian, peran Instagram digunakan sebagai referensi fesyen. Sedangkan, e-commerce sebagai sarana terpercaya belanja online. Namun, penelitian ini perlu memperluas tingkatan dari generalisasi Generasi dan kesetaraan gender untuk memahami motivasi belanja online lebih luas. Studi ini menyediakan data yang kaya untuk analisis lebih lanjut. Studi ini memberikan data yang berisi wawasan untuk manajer pemasaran yang bergerak di sektor bisnis bidang fesyen atau platform online bidang lainnya, yang menggunakan internet sebagai alat strategi bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30