Penggerak Niat Perilaku Pembelian Produk Fesyen Ramah Lingkungan dengan Teori Perilaku yang Direncanakan

  • Sarah Safira Sofiani Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
  • Deddy Saefuloh Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
Keywords: Teori Perilaku yang Direncanakan, Fesyen Ramah Lingkungan, Pengetahuan Pakaian Hijau, Orientasi Mode, Impresi Sosial

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang berfokus pada niat perilaku produk fesyen ramah lingkungan. Pengujian penerapan Teori Perilaku yang Direncanakan (TPB) dalam penelitian ini secara khusus ditekankan pada pengukuran pengaruh tiga variabel yaitu Pengetahuan Pakaian Hijau, Impresi Sosial, dan Orientasi Mode ke dalam kerangka kerja TPB yaitu Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku yang Dirasakan (PBC). Hal ini dilakukan untuk mengetahui niat perilaku dalam menggunakan produk fesyen yang ramah lingkungan. TPB diterapkan dengan tiga anteseden tidak langsung untuk menjelaskan analisis jalur, yang dikontribusikan untuk pemahaman akademis tentang keterkaitan di antara ketiga faktor yang mengarah pada niat perilaku. Kuesioner terstruktur didistribusikan secara acak melalui daring. Sebanyak 362 set data dikumpulkan dan pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menguji model fit yang diusulkan. Hasil temuan menunjukkan Pengetahuan Pakaian Hijau dan Impresi Sosial memiliki hubungan signifikan dan positif dengan Sikap Hijau, berbeda dengan Orientasi Mode. Selanjutnya, PBC dari ketiga variabel TPB muncul sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap Niat Perilaku. Penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi akademisi dan pebisnis untuk dapat mengeksplorasi lebih lanjut aspek yang dibahas serta efek yang timbul pada komponen TPB, hingga dapat pula digunakan untuk merumuskan pemasaran produk fesyen yang ramah lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30