Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli terhadap Makanan Halal. Studi pada Konsumen Muslim di Indonesia.

  • Irgiana Faturohman Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: Makanan Halal, Islam, Industri Halal, Minat Beli, Kesadaran, Sertifikasi Halal, Prilaku Konsumen, Religiosity, Halal Marketing.

Abstract

Saat ini masih sedikit studi tentang makanan halal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang paling mempengaruhi niat beli terhadap makanan halal di kalangan umat Islam di Indonesia dengan menggunakan variabel Religiosity, Halal awareness, Halal certification, dan variabel Halal marketing. Temuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat industri halal di Indonesia, sebagai negara yang memiliki mayoritas muslim, Indonesia memiliki pasar potensial untuk menjadi pemeran utama dalam industri halal. Melalui online kuisioner, telah didapat sebanyak 202 orang responden muslim dengan range usia 17-35 tahun. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan partial squares structural equation modeling analysis (PLS-SEM) untuk menguji setiap variabel dan SPSS untuk menguji data deskriptif dari responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Religiosity, kesadaran halal, dan sertifikasi halal memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pembelian makanan halal, sedangkan religiosity merupakan faktor yang paling berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30