Analisis Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Trayek Polban – Gegerkalong

  • Risna Rismiana Sari Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Lidya Rosalina Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Yasinta Eka Purnamasari Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: Survei, angkutan umum, kinerja pelayanan

Abstract

Politeknik Negeri Bandung merupakan sebuah perguruan tinggi vokasi negeri yang terletak di Kabupaten Bandung Barat. Beberapa mahasiswa, staff pengajar maupun non-pengajar menggunakan angkutan umum trayek Polban – Gegerkalong sebagai moda transportasi utama. Berdasarkan hasil survei pendahuluan, terdapat ketidakseimbangan antara jumlah penyedia jasa dengan pengguna jasa. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk mengetahui kondisi eksisting dilapangan menggunakan panduan pengumpulan data angkutan umum perkotaan. Survei yang dilakukan adalah survei statis, dinamis yang dilakukan pada weekdays dan weekend selama jam pelayanan. Berdasarkan hasil analisis, keempat indikator yaitu faktor muat, waktu henti, waktu antara dan ketersediaan kendaraan, kinerja pelayanan eksisting belum memenuhi standar minimum kinerja pelayanan angkutan menurut Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum Di wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur 2002. Dari faktor muat sebesar 31% pada hari kerja dan 18% pada hari libur. Ketersediaan kendaraan hanya 53-80% pada hari kerja dan hanya 33-67% pada hari libur. Waktu antara puncak pada hari kerja mencapai 10,8 menit dan hari libur mencapai 8,3 menit. Waktu antara ideal mencapai 16,4 menit pada hari kerja dan 16,5 menit pada hari libur. Waktu henti pada hari kerja yaitu 12 menit dan pada hari libur 12,2 menit. Sehingga direkomendasikan perancangan ulang kinerja pelayanan khususnya waktu henti dan waktu antara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30