Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum

  • Risna Rismiana Sari Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Stasiun, standar pelayanan minimum, pola pergerakan

Abstract

Stasiun merupakan salah satu prasarana dalam menunjang perjalanan kereta api yang didalamnya terdapat interaksi antarapenyedia jasa dan pengguna. Dalam pengoperasiannya, penyedia jasa harus dapat memberikan pelayanan yang baik denganmempertimbangkan pemenuhan kebutuhan bagi pengguna. Evaluasi ini khusus menganalisis kebutuhan fasilitas di stasiunberdasarkan tingkat kepuasan pengguna sekaligus memberikan rekomendasi dalam bidang transportasi khususnya untukpenyempurnaan standar pelayanan minimum yang tercakup dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 9 Tahun 2011,mengenai pelayanan di stasiun. Lokasi studi adalah Stasiun Besar Yogyakarta dan Stasiun Besar Lempuyangan, Yogyakarta.Metoda yang digunakan adalah analisis di lapangan serta survei kuisioner mengenai permintaan pengguna terhadap fasilitasyang menyangkut kelancaran, kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Hasil evaluasi didapatkan bahwa pelayanan padaStasiun Besar Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan dapat dinilai cukup baik. Adapun pelayanan yang perlu ditingkatkanuntuk memberikan nilai kepuasan yang lebih baik bagi pengguna adalah terkait dengan peningkatan kenyamanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-11-20