Tata Kelola Ketersediaan Layanan TI Menggunakan Framework Cobit pada PT. ABC

  • Ahmad Fauzi Jurusana Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang
Keywords: IT Governance, COBIT, PT. ABC

Abstract

PT. ABC sebagai perusahaan jasa untuk menerapkan Teknologi Informasi (TI) pada beberapa proses bisnisyang ada. Dari pengamatan, di mana IT belum mampu secara optimal mendukung tujuan bisnis dari PT.ABC. Dalam penelitian ini mengevaluasi IT Governance (IT Governance) PT. ABC dengan menggunakanCOBIT (Kontrol Tujuan Untuk informasidan Teknologi Terkait).Hasil pengukuran As kondisi, pada DS3 (mengelola kinerja dan kapasitas), DS4 (Pastikan layanan secarakontinu) dan DS8 (Mengelola meja layanan dan insiden), berada pada level 1 (awal / ad hoc), sedangkanuntuk DS13 yang ( mengelola operasi), berada pada tingkat 2 (berulang tapi intuitif). Untuk kondisi To Be,pada DS3 dan DS4, berada pada level 3 (proses didefinisikan), sedangkan untuk DS8 dan DS13, berada padalevel 4 (dikelola dan terukur). rekomendasi perbaikan diolah lebih lanjut oleh langkah-langkah mendefinisiantindakan perbaikan, indikator mendefinisikan dan tingkat target kinerja, desain dan model tata kelola yangmenjamin ketersediaan layanan TI dapat menjadi panduan bagi PT diterapkan. ABC Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-28