Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital melalui Technology Acceptance Model

  • Mariana Simanjuntak Institut Teknologi Del
  • I Made Sukresna Universitas Diponegoro

Abstract

Salah satu upaya peneliti dan akademisi dalam meningkatkan kualitas SDM yang inovatif dan berdaya saing, terutama dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19, adalah dengan menyediakan kerangka kerja manajerial industri melalui Technology Acceptance Model (TAM). Oleh karena itu, peneliti melakukan penelusuran literatur dan melakukan meta analisis terhadap 59 artikel studi empiris yang bersumber dari berbagai jurnal bereputasi (Q1-Q2) periode 2016-2020 untuk menjelaskan tentang kerangka model TAM dalam upaya peningkatan kinerja pemasaran digital di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa baik korelasi antara kegunaan dan penerimaan; kegunaan dan kemudahan penggunaan signifikan terhadap penciptaan nilai bersama pemasaran digital. Konsumen lebih banyak waktunya mengakses Teknologi Informsi dan Komunikasi (TIK) dibuktikan dengan adanya penerimaan terhadap teknologi sangat kuat dan hampir seluruh kegiatan pemangku kepentingan terhubung dengan TIK. Tujuan dari studi penelusuran literatur ini adalah untuk memahami sejauh mana perkembangan, pengaruh dan ruanglingkup TAM dalam literatur yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran digital, dengan mengintegrasikan temuan empiris melalui perilaku konsumen meliputi perceived usefulness, perceived ease of use, free of effort. Hasil dari studi penelusuran TAM ini kiranya dapat dipergunakan sebagai tolak ukur dalam memahami perilaku konsumen dan pengembangan penelitian TAM terkait pemasaran digital di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16