Pengaruh Simbol Religi Periklanan terhadap Minat Beli Konsumen

  • Kiki Wardiman Jayanegara Politeknik Negeri Bandung
  • Moh Farid Najib Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Minat beli konsumen merupakan instrumen penting dalam sebuah bisnis perusahaan, tendensi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa penting untuk diukur. Tetapi minat beli konsumen dipengaruhi oleh berbagai hal, pada penelitian ini akan menjelaskan lebih dalam pengaruh simbolilasi dalam iklan yang menunjukan tendensi penggunaan model berhijab atau simbol islam lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur simbol religi, komitmen religiusitas terhadap minat beli. Metode penelitian secara kuantitatif dengan sampel berjumlah 418 responden yang pernah melihat iklan yang peneliti maksud dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pengukuran setiap hipotesis penelitian ini seluruhnya dapat diterima dan memiliki pengaruh yang signifikan, yaitu simbol periklanan terhadap perceived value memiliki pengaruh signifikan dikarenakan penelitian ini mengidentifikasi pengaruh emosional. Selain itu, simbol religi dalam periklanan ini berpengaruh signifikan terhadap attitude towards advert. Penelitian ini juga menungkapkan jika pengaruh minat beli konsumen lebih signifikan dipengaruhi oleh perceived value dibandingkan dengan attitude towards advert. Dengan demikian, persepsi terhadap nilai yang didapat konsumen, seperti terwakilkan oleh periklanan yang menggambarkan muslim dengan adanya model dan logo halal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16