Pengaruh Ability, Legitimacy, dan Acceptance terhadap Efektivitas Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Periode Tahun Anggaran 2017-2018 (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

  • Hafilah Kiasati Shabrina Politeknik Negeri Bandung
  • Sugih Sutrisno Putra Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Dalam menyelenggarakan pemerintahan khususnya dibidang penganggaran pemerintah memerlukan pendekatan yang baik guna tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Penganggaran dengan pendekatan kinerja dilakukan oleh pemerintah sebagai acuan dalam hal merancang dan menyususn anggaran untuk mencapai tujuan dan sasaran kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh ability, legitimacy, dan accaptance terhadap efektivitas penerapan anggaran berbasis kinerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu yaitu 13 dinas yang memiliki
Pendapatan dan Belanja di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada bidang perencanaan atau anggaran dan bidang keuangan atau akunansi, responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ability dan legitimacy secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerapan anggaran berbasis kinerja, sedangkan acceptance secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerapan anggaran berbasis kineja. Secara simultan ability, legitimacy, dan acceptance berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerpan anggaran berbasis kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16