Pelaksanaan Audit Manajemen terhadap Divisi Produksi untuk Mengevaluasi Penerapan Metode Produksi Baru (Studi Kasus: PT Shafira Laras Persada)

  • Nada Gerandini Politeknik Negeri Bandung
  • Yanti Rufaedah Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pelaksanaan audit manajemen dalam mengukur efektivitas dan efisiensi penerapan metode produksi yang baru Divisi Produksi PT Shafira Laras Persada pada tahun 2020. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menjabarkan criteria, causes, dan effect mengenai aktivitas pada fungsi tersebut untuk memberikan rekomendasi perbaikan kinerja fungsi tersebut agar berjalan efektif dan efisien. Jenis data yang digunakan yakni data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak yang bertanggung jawab pada fungsi tersebut, serta data sekunder berupa dokumentasi perusahaan, seperti kebijakan produksi, struktur organisasi, jobdesc, flowchart, data produksi, dan studi literatur. Data di analisis menggunakan Milles and Huberman Approach meliputi data reduction, serta data display yang ditunjukkan dengan deskripsi cause-effect. Uji validitas dan reabilitas dilakukan dengan cara triangulasi yaitu mencocokan hasil wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode produksi
baru sudah meningkatkan efektivitas volume dan efisiensi harga pokok produksi. Di sisi lain penerapan ini belum dapat beradaptasi secara keseluruhan sehingga, terjadi inefektivitas pada pemenuhan jadwal produksi. Dalam penerapan tersebut, perusahaan perlu melaksanakan kebijakan dan jadwal produksi yang telah dimiliki perusahaan, meningkatkan pengendalian manajemen atas sumber daya manusia perusahaan, serta melibatkan internal audit dalam mengevaluasi kinerja proses dan kualitas produk di Divisi Produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16