Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung)

  • Vista Efanny Fillayata Politeknik Negeri Bandung
  • Mukaram Mukaram Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena bisnis di mana turunnya daya tarik konsumen atas produk yang dikonsumsinya sehingga mengakibatkan penurunan jumlah omzet bisnis setiap bulannya selama tiga bulan terakhir. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dengan melibatkan 115 responden secara acak yang telah mengonsumsi produk minimal dua kali. Data diolah melalui program SPSS 25 dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Selain itu, data juga akan melalui berbagai uji seperti uji asumsi klasik, uji korelasi sederhana, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Uji hipotesis dilakukan melalui pendekatan klasik dan probabilistik. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa inovasi produk dan kepuasan konsumen berada pada kategori tinggi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Apabila inovasi produk yang diberikan semakin tinggi, maka kepuasan konsumen juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, diharapkan bisnis dapat senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepuasan konsumen melalui inovasi produk guna memenangkan persaingan bisnis dewasa ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16