Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Halal Logistic Paying Intention: Studi Kasus di Indonesia

  • Fajarsyah Rizal Hakim Politeknik Negeri Bandung
  • Moh Farid Najib Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Kebutuhan akan produk halal saat ini sudah semakin meningkat. Konsumen muslim dan non-muslim menganggap bahwa produk halal adalah tanda bahwa produk tersebut telah melewati proses yang terstandarisasi. Sejalan dengan itu, kini kesadaran akan kehalalan produk tidak sebatas pada proses produksi, tetapi merambah pada proses pengiriman. Akan tetapi penambahan proses logistic diperkirakan akan menambah beban biaya. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat factor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk rela membayar lebih untuk halal logistic dan dampaknya terhadap pembentukan sertifikasi halal logistic. Dengan responden sebanyak 400 orang dan beragama muslim yang telah atau pernah mengkonsumsi produk halal dengan rentang usia 18-55 tahun. Hasil menunjukan bahwa persepsi kegunaan, lingkungan sosial, perhatian terhadap halal, dan kesadaran terhadap kehalalan mempengaruhi signifikan terhadap niat membayar untuk halal logistic. Selain itu, terdapat hubungan positif antara niat membayar lebih untuk halal logistic terhadap sertifikasi
halal logistic. Temuan penelitian ini akan berguna bagi pembuat kebijakan dan pelaku bisnis makanan halal untuk meningkatkan kebutuhan akan halal logistic dan mengedukasi konsumen mengenai halal logistic.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16