Pengembangan Model Pemasaran Produk Ramah Lingkungan Berbasis Minat Beli Konsumen

  • Abdul Wahhab Politeknik Negeri Bandung
  • Karina Rengganis Politeknik Negeri Bandung
  • Salma Nur Hanina Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Kerusakan lingkungan saat ini menjadi isu di kalangan masyarakat karena disebabkan oleh penggunaan sampah plastik yang memerlukan waktu lama untuk dapat terurai. Sejalan dengan isu tersebut muncul sekelompok orang yang peduli terhadap lingkungan atau disebut dengan green marketer. Kesadaran orang terhadap lingkungan membuat banyak pelaku usaha mengeluarkan produk yang bersifat ramah lingkungan. Penelitian yang diajukan ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kesadaran peduli lingkungan yang dapat membentuk sikap peduli konsumen akan lingkungan. Penelitian ini menggunakan data dari 393 responden yang dikumpulkan menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan skala likert untuk uji pengaruh antar
variabel. Penelitian ini ditujukan kepada generasi Y dan Z karena dianggap memiliki perilaku peduli lingkungann serta menggunak an skala likert untuk menguji keterkaitan antar variabel. Hasil menunjukkan banyak faktor yang mendorong konsumen berperilaku peduli lingkungan, salah satunya yaitu tanggung jawab
sosial akan keberlangsungan hidup bersama yang mendorong konsumen menerapkan pola hidup ramah lingkungan dengan membeli produk yang tidak merusak lingkungan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17