Persepsi Penggunaan Fitur Augmented Reality pada Platform Online Shopping Berbasis Technology Acceptance Model

  • Karina Rengganis Politeknik Negeri Bandung
  • Lusianus Kusdibyo Politeknik Negeri Bandung
  • Widi Senalasari Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur persepsi konsumen terhadap fitur Augmented Reality (AR) pada platform online shopping saat berbelanja produk kosmetik. Penggunaan internet saat ini berpengaruh terhadap pesatnya pertumbuhan bisnis online. Namun masih banyak konsumen yang merasa khawatir ketika berbelanja online karena merasa produk yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Sejalan dengan kekhawatiran tersebut, muncul teknologi yang menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata melalui fitur Augmented Reality. Fitur tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada konsumen melalui visualisasi 3D melalui camera mobile phone dimana konsumen dapat mencoba produk dan memilih item sesuai yang diinginkan. Penelitian ditujukan kepada 225 responden yang pernah menggunakan Shopee Beauty Cam dengan rentang usia 17 – 24 tahun atau generasi Z karena tumbuh pada era internet dan banyak berhubungan melalui media sosial. Hasil menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap fitur AR pada virtual shopping
dapat memberikan kemudahan, manfaat, dan kesenangan saat mengadopsi AR dan mampu memunculkan keterikatan dengan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17