Pengaruh Nilai yang Diterima dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada Travel Umroh

  • Sarah Farhataini Jazuli Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Perjalanan wisata religius semakin berkembang dan banyak peminatnya termasuk ibadah umroh. Hal ini dapat didasari karena lamanya waktu menunggu daftar haji sehingga banyak masyarakat yang akhirnya memilih untuk pergi berumroh. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi pengaruh dari nilai yang diterima dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas jamaah pada travel umroh. Data yang dikumpulkan melalui pendistribusian kuisioner kepada 236 jamaah yang telah melaksanakan umroh pada tahun 2019-2020. Penelitian ini menggunakan smart PLS 3.0 untuk menguji hipotesis yang diteliti. Temuan pada penelitian ini adalah nilai kualitas, nilai harga, nilai emosional, dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah umroh. Selain itu, dari studi ini dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan peningkatan dalam kualitas pelayanan maka akan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas jamaah umroh. Hubungan yang telah diidentifikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong industri parawisata halal untuk bisa berkompetitif menawarkan program loyalitasnya dengan berdasarkan pada kualitas layanan yang diterima
konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17