Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention untuk Mengadopsi Media Sosial sebagai Tempat Belanja Online

  • Agung Nugraha Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Pada era teknologi seperti saat ini, gaya hidup manusia turut berkembang terutama dalam aktivitas belanja online. Dalam belanja online, terdapat dua tempat populer yang digunakan oleh para pedagang online yaitu marketplace dan sosial media. Marketplace memberikan garansi keamanan, serta banyak benefit yang diberikan bagi penjual maupun pembeli, sedangkan sosial media tidak memberikan benefit apapun termasuk garansi keamanan. Namun nyatanya, transaksi di internet lebih banyak terjadi di media sosial dibandingkan dengan di marketplace, padahal media sosial tidak memberikan banyak benefit seperti marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membuat konsumen mau untuk belanja di media sosial. Penelitian menggunakan pendekatan model UTAUT 2, dan mendapatkan sebanyak 362 responden. Hasil dari penelitian ini adalah aspek performance expectancy, hedonic motivation, dan habit mempengaruhi behavioral intention untuk menggunakan media sosial sebagai tempat belanja online.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17