Keterlibatan Pemasaran Elektronik Mulut ke Mulut Melalui Media Sosial Instagram: Bukti Empiris dari E-commerce Hijup

  • Refi Fadhilah Meidy Politeknik Negeri Bandung
  • Dwi Suhartanto Politeknik Negeri Bandung
  • Widi Senalasari Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Perkembangan zaman mendorong lahirnya banyak e-commerce, salah satunya adalah Hijup yang merupakan e-commerce fashion muslim pertama di dunia dengan pengikut terbanyak di Instagram. Pemasaran yang mereka lakukan berfokus pada media sosial terutama Instagram, yang merupakan platform terbaik dalam mempromosikan sebuah brand karena fitur-fiturnya memungkinkan terjadinya interaksi dua arah baik antara perusahaan dengan konsumen, dan sesama konsumen melalui e-WoM. Keterlibatan e-WoM mampu mendorong perusahaan untuk meningkatkan penjualan, sehingga faktor-faktor yang memengaruhinya menjadi krusial untuk diperhatikan. Tujuan studi ini adalah untuk memprediksi keterlibatan e-WoM melalui Instagram dengan menggunakan faktor konten yang dihasilkan perusahaan, kualitas informasi, dan kredibilitas informasi dari pengguna lain. Studi ini menggunakan 396 responden yang berasal dari pengunjung dan/atau pengikut Instagram Hijup. Data dianalisis menggunakan software Smart PLS. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa konten yang
dihasilkan perusahaan memengaruhi keterlibatan e-WoM secara signifikan. Namun, kualitas informasi dan kredibilitas informasi dari pengguna lain tidak berpengaruh terhadap keterlibatan e-WoM. Dengan demikian, Hijup perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas konten yang dihasilkannya di Instagram untuk meningkatkan keterlibatan e-WoM, sehingga nantinya akan bermanfaat bagi kemajuan bisnis. Studi ini hanya terbatas pada Instagram dan khusus meneliti perusahaan Hijup, penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti media lainnya dengan e-commerce fashion secara umum sehingga jangkauannya menjadi lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17