Niat Beli Konsumen Generasi Y pada Produk Minuman Kemasan Ekolabel

  • Lutfhiyyah Aini Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini berfokus pada niat beli produk minuman ringan siap saji berekolabel. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang paling memengaruhi niat beli produk minuman ringan siap saji melalui variabel pengetahuan lingkungan, pengetahuan ekolabel, kesadaran ekolabel dan kepedulian lingkungan. Data diperoleh melalui kuesioner online pada 401 responden dengan rentang usia 19-40 tahun di Bandung Raya. Kemudian, data tersebut diolah dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling analysis (PLSSEM) dengan menguji measurement model, structural model dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan lingkungan, kesadaran ekolabel, kepedulian lingkungan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli. Sedangkan pengetahuan ekolabel tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli. Adapun faktor yang paling berpengaruh terhadap niat beli yaitu kepedulian lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17