Analisis Pengaruh Iklan Endorser terhadap Intensitas Pembelian Sepeda Lipat di Bandung

  • Eddy Syah Yahya Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Dewasa ini kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan semakin bervariatif. Salah satu promosi yang unik pada saat ini yaitu menggunakan endorsment sebagai alat pendukung kegiatan promosi. Penelitian ini mengambil tema menganalisis pengaruh endorsment sepeda lipat terhadap intensitas pembelian di Kota Bandung. Terdapat tiga atribut didalam endorsment antara lain kredibilitas, atraktif dan power. Ketiga atribut dari endorsment tersebut dijadikan sebagai operasional variabel. Untuk itu penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dari data yang didapat melalui pengumpulan kuesioner sebanyak 238 responden dengan rentang usia <20 hingga 50 tahun. Lebih jauh penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji korelasi dan uji regresi. Hasilnya, atribut atraktif
merupakan atribut dengan rata-rata nilai yang paling besar. Selanjutnya, dari uji regresi diketahui bahwa promosi endorsement Sepeda Lipat memiliki pengaruh moderat terhadap intensitas pembelian oleh konsumen di Kota Bandung. Maka luaran yang didapat dari penelitian ini adalah pembuatan sebuah program atau event yang melibatkan endorser pengguna sepeda lipat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) pengguna sepeda lipat yang akhirnya dapat meningkatkan minat beli konsumen di Kota Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17