Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali (Studi Kasus: Objek Wisata di Kabupaten Toba

  • Vania Elvina Institut Teknologi Del
  • Mariana Simanjuntak Institut Teknologi Del

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh aktivitas pemanfaatan media sosial terhadap minat berkunjung kembali wisatawan ke objek wisata di Kabupaten Toba Samosir. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan informasi sebagai bahan masukan bagi pemangku kepentingan kepariwisataan di objek wisata Kabupaten Toba Samosir. Populasi dari penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang ada di Kabupaten Toba Samosir dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan populasi yang bersifat infinite population. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 23. Variabel bebas (independen) yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Melihat Profil Pengguna Lain (X1), Ekspresi Diri (X2) dan Berinteraksi (X3) sedangkan variabel terikat (dependen) adalah Minat Berkunjung Kembali (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh baik secara simultan
(bersama-sama) maupun masing-masing terhadap minat berkunjung kembali. Penelitian ini juga mendeskripsikan mengenai aktivitas penggunaan media sosial oleh wisatawan yang dapat menimbulkan miinat berkunjung kembali bagi wisatawan lainnya, antara lain: mencari dan memperoleh informasi objek wisata dari
profil pengguna lain di media sosial, memberitakan kembali atau membagikan informasi mengenai objek wisata kepada orang lain, mengambil gambar atau video kemudian mengunggahnya di media sosial atau mengirimnya kepada teman atau komunitas di media sosial, mengunggah gambar atau video dengan caption yang menyajikan informasi terbaru atau fitur baru tentang suatu objek wisata, menjawab komentar pertanyaan yang berkaitan dengan foto objek wisata yang di unggah dan merekomendasikannya kepada orang lain, serta memanfaatkan fitur follow akun wisata di media sosia untuk mendapatkan informasi spesifik mengenai objek wisata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17