Pengaruh Inovasi terhadap Loyalitas Konsumen pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus G3 Coffee and Farm Bandung)

  • Ramadhana Desarel Qisthiansyah Politeknik Negeri Bandung
  • Deddy Saefuloh Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Pada negara Indonesia terdapat salah satu sub sektor pertanian yang cukup besar potensinya yaitu sub sektor perkebunan kopi. Faktanya, perkembangan ekonomi kopi tidak hanya dari sektor produksi dan ekspor, tetapi juga pada sektor produk dan jasa dengan banyak tumbuhnya coffee shop di Indonesia. Dari persaingan usaha coffee shop yang semakin ketat, pelaku bisnis yang ingin membuat coffee shop harus memiliki kreativitas yang tinggi dan membuat ide-ide yang baru di dalam bisnis coffee shop yang menjadi sebuah inovasi baru di dunia coffee shop. G3 Coffee and Farm merupakan objek penelitian yang sudah menerapkan inovasi produk dan pemasaran. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk mengukur aktivitas inovasi pemasaran dan inovasi produk G3 Coffee and Farm serta mengukur pengaruh dari inovasi pemasaran dan inovasi produk terhadap loyalitas konsumen di G3 Coffee and Farm. Dengan responden sebanyak 300 orang dengan kriteria yang sudah pernah datang dan membeli di G3 Coffee and Farm. Hasil menunjukkan bahwa inovasi produk dan inovasi pemasaran mempengaruhi signifikan terhadap loyalitas konsumen. Temuan penelitian ini akan berguna bagi G3 Coffee and Farm dan pelaku usaha kecil menengah dalam merancang sebuah inovasi dan strategi pemasaran yang kreatif dan efektif yang dapat meningkatkan daya saing dan mempertahankan pelanggan agar menjadi loyal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17