Pengaruh Pariwisata Film terhadap Minat Berkunjung: Penelitian Kasus Film “Ada Apa dengan Cinta 2”

  • Deta Ayu Lestari Politeknik Negeri Bandung
  • Dwi Suhartanto Politeknik Negeri Bandung
  • Fatya Alty Amalia Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Kemampuan media film dalam mempromosikan destinasi wisata secara lebih luas dengan jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan marketing event berpotensi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang ada dalam film tersebut. Meski demikian, pelaku industri wisata di Indonesia hingga saat ini masih cenderung menggunakan marketing events dibandingkan film sebagai media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran media film melalui variabel Motivasi dan Citra Destinasi dalam meningkatkan Minat Berkunjung penonton ke destinasi wisata yang ada dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) yang teah mempromosikan destinasi wisata Punthuk Setumbu dan Rumah Doa Bukit Rhema di Magelang dan berhasil mendapatkan peringkat ke-9 pada 2016 sebagai film Indonesia dengan penonton terbanyak sepanjang masa. Untuk memenuhi tujuan penelitian ini, penulis menggunakan riset kuantitatif dengan melakukan survey menggunakan kuesioner yang disebar secara online selama dua bulan pada 2020. Dari 300 responden yang telah menonton AADC 2, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi, citra destinasi, dan minat berkunjung ke Punthuk Setumbu dan Rumah Doa Bukit Rhema. Selain itu berdasarkan hasil Multigroup Analysis (MGA), penelitian ini menemukan tidak adanya pengaruh jenis kelamin responden terhadap hubungan Motivasi-Minat Berkunjung dan Citra Destinasi Minat Berkunjung. Hal ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17