Niat Perilaku Pengguna Tabungan Koperasi Syariah: Peran Pengetahuan Produk, Kepercayaan, Persepsi Keuntungan, dan Persepsi Kualitas

  • Muhammad Muflih Politeknik Negeri Bandung
  • Diharpi Herli Setyowati Politeknik Negeri Bandung
  • Hasbi Assidiki Politeknik Negeri Bandung
  • Radia Purbayati Politeknik Negeri Bandung
  • Destian Arshad Politeknik Negeri Bandung
  • Ruhadi Ruhadi Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Peningkatan parstisipasi masyarakat terhadap tabungan sangat penting untuk menciptakan daya saing dan ketahanan koperasi syariah masa kini. Riset ini bertujuan untuk mengestimasi hubungan pengetahuan produk dan niat pengguna tabungan koperasi syariah baik secara langsung maupun melalui peran mediasi kepercayaan, persepsi keuntungan, dan persepsi kualitas. Melalui survey terhadap 79 responden koperasi syariah Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung, riset ini melakukan analisis dengan SEM-PLS. Hasil estimasi menunjukkan bahwa hubungan pengetahuan produk dan minat menabung berhubungan positif dan signifikan baik secara langsung maupun maupun melalui mediasi kepercayaan, persepsi keuntungan, dan persepsi kualitas. Secara akademik, studi ini mengimplikasikan perluasan pengetahuan tentang niat pengguna tabungan lembaga keuangan syariah. Secara praktis, riset ini mengimplikasikan pentingnya industri koperasi syariah meningkatkan literasi, keuntungan finansial dan non-finansial, dan kualitas layanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17