Apakah Religiusitas Mempengaruhi Sikap Muslim Gen Z terhadap Produk Ramah Lingkungan?

  • Mesi Nurca Ismoyo Politeknik Negeri Bandung
  • Dwi Suhartanto Politeknik Negeri Bandung
  • Nugroho Hardiyanto Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur sikap konsumen muslim terhadap produk ramah lingkungan, serta mengetahui bagaimana hal tersebut dipengaruhi oleh religiusitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data convenience sampling melalui penyebaran kuesioner kepada 204 responden. Pengukuran data dilakukan dengan SEM-PLS dan objek penelitian ini adalah konsumen muslim generasi Z di wilayah Bandung dan sekitarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan secara positif dan signifikan, melalui faktor eco-literacy dan environmental concern. Meskipun religiusitas mempengaruhi collectivism, namun hal ini tidak mendorong sikap positif konsumen muslim di Indonesia terhadap produk ramah lingkungan. Dari hasil tersebut pemasar produk ramah lingkungan dianjurkan untuk menerapkan strategi pemasaran yang mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan dengan menonjolkan perspektif ajaran atau nilai-nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17