Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal: Aplikasi Theory of Planned Behavior

  • Tessa Mariana Politeknik Negeri Bandung
  • Dwi Suhartanto Politeknik Negeri Bandung
  • Arie Indra Gunawan Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Saat ini, industri makanan cepat saji halal telah berkembang, terutama di negara-negara dengan mayoritas penduduknya Muslim seperti Indonesia. Namun demikian, studi untuk menelaah faktor apa yang mendorong konsumen untuk membeli produk makanan tersebut masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat beli konsumen terhadap makanan cepat saji yang halal menggunakan faktor sikap, norma subjektif, serta kontrol perilaku dari konsumen sebagai determinan. Studi ini menggunakan 438 responden yang telah mengkonsumsi makanan cepat saji halal. Selanjutnya, untuk menguji model dan hipotesa yang dibangun, data dianalisis menggunakan software Smart PLS. Hasil studi ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, serta kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Dengan demikian, untuk membangun minat beli konsumen, perusahaan harus mampu membangun sikap positif konsumennya dan meyakinkan mereka bahwa makanannya selain sesuai dengan kebutuhan mereka juga disukai oleh orang-orang
di lingkungnnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17