Program Membaca Ekstensif: Penggunaan Artikel dari Berbagai Media Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Bahasa Inggris, dan Percaya Diri

  • MV. Joyce Merawati BR. Politeknik Negeri Bandung
  • Vivian Ruth Myranda Politeknik Negeri Bandung
  • Sendhi Alviansyah Sugiyono Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Pelajaran bahasa asing memerlukan paparan bahasa yang sedang dipelajari. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan membaca teks dalam bahasa yang dipelajari, terutama jika bahasa tersebut adalah bahasa asing, seperti bahasa Inggris di Indonesia. Oleh sebab itu, pengajar dianjurkan untuk memberikan program Extensive Reading (ER) atau yang dapat disebut sebagai program Membaca Ektensif (ME) dengan menyediakan Graded Reader Books (GRB). Namun, tidak semua lembaga memiliki fasilitas ini, misalnya Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Sebagai gantinya, pengajar mewajibkan mahasiswa untuk membaca artikel yang dipilih sendiri dari berbagai media berbahasa Inggris yang tersedia di ruang Self-Access. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi program membaca ektensif selama satu semester, terutama dari segi manfaat kebahasaan dan percaya diri mahasiswa untuk membaca teks berbahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Jurusan Bahasa Inggris di POLBAN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari reflektif interview dan dua kuesioner tertutup serta terbuka yang dibagikan dengan menggunakan Gform pada akhir semester I dan awal semester II. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini mengembangkan kosakata, tata bahasa, pengetahuan umum, dan kepercayaan diri untuk membaca teks berbahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17