Perancangan Sustainable Event sebagai Strategi Meningkatkan Brand Awareness Museum Barli

  • Ruri Rinelda Nugraha Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung,Bandung
  • Any Noor Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
Keywords: sustainable event, brand awareness, museum Barli

Abstract

Museum Barli masih belum dapat meningkatkan jumlah kunjungan sesuai target yang diduga berhubungan dengan rendahnya brand awareness. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah menyelenggarakan event dengan konsep sustainable (berkelanjutan). Penyelenggaraan sustainable event di museum Barli menerapkan beberapa unsur seperti responsible, greening, environmentally friendly, corporate social responsibility,social & culture dan economic. Proses perencanaan sustainable event dimulai dengan menentukan tujuan event, menyusun rencana awal yang berkaitan dengan pencarian informasi, penyusunan rencana secara detil dalam bidang operasional, pemasaran, dan keuangan. Brand awareness pada penyelenggaraan event berhubungan dengan suksesnya penyelenggaraan event. Dalam proses perancangan sustainable event, penerapan konsep terdiri dari penetapan tema, penyesuaian program sesuai dengan unsur sustainable, penentuan segmentasi, target pasar, dan positioning event, desain logo dan venue, serta rancangan media sosial untuk pemasaran event. Brand awareness yang diciptakan adalah museum Barli sebagai penyelenggara sustainable event; event yang memiliki konsep keberlanjutan yang berwawasan lingkungan, memperhatikan lingkungan sosial dan budaya serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Konsep sustainable event inilah yang akan menjadi kekuatan merek di museum Barli sebagai penciptaan brand awareness untuk meningkatkan kunjungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-09