Sistem Penguji Lilitan Benang Polyester Berbasis Arduino Uno

  • Dadan Nurdin Bagenda Politeknik Negeri Bandung
  • Dudu Durahman STMIK LPKIA Bandung

Abstract

PT. Kewalram Indonesia adalah perusahaan tekstil yang memproduksi berbagai jenis benang. PT Kewalram selalu berusaha agar produknya dapat meningkat kan kualitasnya, Salah satu jenis benang yang diproduksi oleh PT. Kewalram Indonesia adalah benang Polyester, salah satu aspek untuk mengukur kualitas benang adalah pengujian lilitan benang dengan satuan twist per inch(TPI), akan tetapi untuk pengujian TPI dilapangan pada saat mencapai 1 inch pemberhentian alat-nya dan pencatatan nilai TPI-nya masih dilakukan oleh operator(manual) sehingga membuka peluang besar terjadinya kekeliruan dalam proses pengujian, pengolahan data dan pembuatan laporan. Jika untuk menjamin kualitas benang untuk pengujian lilitan benang dapat digantikan dengan menggunakan sistem yang lebih modern (otomatisasi sistem), hal ini akan sangat menguntungkan bagi pemilik perusahaan
karena pengujian menjadi lebih tepat sehingga dapat lebih menjamin kualitas benang tersebut. Solusi ini memerlukan adanya komunikasi serial antara alat dengan sebuah aplikasi.
Dari hal ini dibuat sebuah sistem terintegrasi pengujian lilitan benang berbasis arduino uno dengan menggunakan Arduino Uno R3, keypad, push button, stepper, lcd dan keypad yang berguna dalam sistem pengujian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-05