Hubungan Kualitas Jasa Berbasis Servperf dengan Evaluasi Kinerja Aset pada Aset Infrastruktur Jalan di Jawa Barat

  • Katharina Priyatiningsih Departemen Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
  • Mei Sutrisno Departemen Teknik Sipil, Politeknik Pos Negeri Bandung
Keywords: aset infrastruktur jalan, kualitas layanan, evaluasi kinerja

Abstract

Aset infrastruktur jalan berperan dalam bidang ekonomi, sosial, politik, dan keamanan untuk mencapai kemakmuran rakyat.   Akibat ketidaklayakan jalan dan  indikasi penyebabnya yaitu kualitas layanan dan kinerja pengelolaan aset infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan aset infrastruktur jalan melalui pengembangan suatu model variabel kualitas kinerja berbasis kinerja layanan (teknikal dan fungsional),  dan variabel kinerja aset (kinerja fisik, fungsional, utilitas dan keuangan). Penilaian kedua variabel merupakan penilaian atas layanan jalan yang berkualitas bagi  kepentingan pengguna.  Pengguna adalah responden yang terdiri dari penumpang, pengemudi angkutan, pelaksana, pengendara motor, dan perusahaan ekspedisi, dengan penelitian deskriptif. Hasilnya menunjukan indikator kualitas layanan berbasis kinerja terukur dari kualitas teknikal dan fungsional, dan indikator kinerja layanan terukur dari kinerja fisik dan fungsional, sedangkan kinerja utilitas dan keuangan tidak terukur. Ada korelasi dua variabel dalam pengelolaan aset infrastruktur jalan untuk menyusun strategi pengelolaan aset infrastruktur yang effektif dan effisien, ini membuktikan bahwa ketika pelanggan memiliki penilaian kualitas suatu jasa aset infrastruktur maka pelanggan juga melakukan penilaian terhadap kinerja aset. Model pengelolaan  aset yang strategis ini merupakan metode yang tepat mempertemukan kebutuhan penyampaian layanan melalui kualitas layanan dan evaluasi kinerja aset berdasar persepsi pemegang kepentingan khususnya bagi road-user.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-12