Disain Perencanaan Strategis Bagi UKM Konveksi di Kabupaten Bandung

  • Mardha Tri Meilani aJurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
  • Rivan Sutrisno Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung
Keywords: Perencanaan strategis, SWOT, UKM

Abstract

Kegagalan bisnis yang dialami oleh UKM disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah belum diterapkannya praktek manajemen yang baik yang diakibatkan oleh ketidakmampuan UKM di Kabupaten Bandung dalam membuat perencanaan strategis bagi bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat  desain perancangan strategis bagi UKM khususnya UKM Konveksi di Kabupaten Bandung. Disain penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan analisis data deskriptif kualitatif, eksperimen dan case study. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode purposif dengan ukuran sampel dilakukan dengan dua tahap. Pada tahap pertama, ukuran sampel yang digunakan sebanyak 56 UKM Konveksi dan ukuran sampel kedua adalah 5 UKM.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas UKM Konveksi belum memiliki perencanaan strategis. Perancangan perencanaan strategi untuk UKM di Konveksi Bandung terdiri dari lima tahap yaitu (1) Menyusun visi dan misi, (2) Menyusun tujuan dan sasaran, (3) Analisis lingkungan internal dan eksternal, (4) Merancang analisis SWOT, (5) Merancang rencana kerja. Disain perencanaan strategis dibuat untuk merancang cetak biru perancangan strategi bagi UKM Konveksi di Kabupaten Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-12