Uji Pemakaian Pelumas Mesran SAE 40 Pada Sistim Transimisi Kotak Roda Gigi Mesin Bubut Maximat V13

  • Abd. Rahman Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan
Keywords: Pelumas, pengujian, roda gigi. kandungan logam, keausan

Abstract

Berdasarkan buku petunjuk mesin bubut Maximat V13 minyak pelumas untuk kotak roda gigi yang digunakanadalah jenis Shell Telus Oil 27 atau BP Energol dengan masa pakai selama 250 jam. Harga pelumas ini cukupmahal dan sulit didapat, sehingga digantikan dengan pelumas Mesran jenis SAE 40. Tujuan dilakukannyapengujian ini adalah untuk mengetahui kondisi gearbox dan kelayakan pelumas SAE 40 digunakan pada sistimtransimisi roda gigi. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kandungan logam dalam pelumas dan analisa sifatfisika dan kimia pelumas setelah diujikan selama 125 jam operasi . Pengujian kandungan logam dalam pelumasbertujuan untuk mengetahui unsur-unsur logam yang terdapat dalam pelumas akibat keausan yang terjadi padakomponen sistim transimisi roda gigi. Sedangkan analisa sifat kimia dan fisika pelumas adalah untukmengetahui perubahan nilai viscositas dan total acid number (TAN) pelumas setelah pelumas digunakan selama125 jam operasi . Hasil analisa kandungan logam dalam pelumas untuk 6 unsur utama menunjukkan masihdibawah nilai batas yang ditentukan, yaitu unsur Fe sebesar 43 ppm (nilai batas>100 ppm), Al sebesar 1 ppm(nilai batas>30ppm ), Cu sebesar 4 ppm (nilai batas>40ppm) , Pb sebesar 3 ppm(nilai batas>30ppm), Crsebesar 0 ppm (nilai batas>20 ppm) dan Si 4ppm (nilai batas>30 ppm). Nilai viscositas pelumas pada suhu100°C sebesar 12.7 cST (nilai min 12.5 cST) dan nilai TAN sebesar 2.2 (nilai max 8). Dari hasil pengujian inimenunjukkan bahwa pelumas Mesran jenis SAE 40 hingga pemakaian selama 125 jam operasi dapat dipakaiuntuk pelumas kotak roda gigi mesin bubut maximat V13.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-07-11